Pengertian Dasar HTML | Nemu Jalan

Share:


HTML, apasih html itu? dan apa kegunaannya? ya, bagi para programer atau blogger biasanya sudah tidak asing lagi dengan HTML.

HTML (Hyper Text Markup Lengue) adalah bahasa markup lengue atau biasa di sebut bahasa ibu, karna merupakan bahasa paling dasar dan paling utama di kalangan para programer, blogger, dan desainer.

HTML sangat sering di gunakan untuk mendesain bahkan membuat web/blog , HTML ini biasanya di awalai dengan tag <> dan di akhiri dengan tag </>.

ada banyak sekali kode-kode html namun yang paling sering di gunakan biasanya adalah :

 1. tag <html> di akhiri dengan </html> fungsinya untuk mengawali dan mengakhiri script buatan kita.
 2. tag <head> di akhiri dengan </head> fungsinya untuk membuat otak atau kepala pada script buatan kita.
 3. tag <title> di akhiri dengan </title> fungsinya untuk membuat judul halaman.
 4. tag <body> di akhiri dengan </body> fungsinya sebagai tubuh/tulanga-tulang/badah pada script buatan kita.

jadi bila di urutkan secara teratur maka akan seperti ini :

<html>
 <head>
  <title></title>
 </head>
 <body>
 </body>
</html>


HTML biasanya di beri jarak ketika membuat tag baru namun masih di dalam tag sebelumnya, contoh seperti di atas tag <head> berada di dalam tag <html> begitu pula dengan tag <title> berada di dalam tag <head>.
Intinya setiap memulai tag baru namun masih di dalam tag sebelumnya akan di beri jarak condong kedalam, di gunakan untuk merapihkan script buatan kita, karna nanti setelah kita mengerti dan membuat banyak kode maka akan lebih terlihat rapih ketika di lihat.

HTML juga mempunya versi yaitu HTML dan HTML5, untuk saat ini yang paling sering di gunakan adalah HTML5 karena lebih mudah di pahami dan memiliki banyak viture. Anda beruntung belajar HTML sudah memasuki versi 5, karna versi sebelumnya lebih rumit di bandingkan HTML5.

Sudah mengerti kan Pengertian Dasar HTML? kalau sudah cukup sekian yang dapat di sampaikan, semoga bermanfaat dan menjadi pelajaran yang baik.

Tidak ada komentar